Rabu, 23 Januari 2013

Budidaya Ikan Mujair


 Budidaya ternak ikan mujair rasanya boleh dibilang sangat mudah dilakukan. 
Hal itu disebabkan karena ikan mujair ini bisa hidup di air yang keruh bahkan untuk air yang tidak mengalir sekalipun ikan mujair dapat bertahan hidup dan berkembangbiak.
 Alasan lainnya adalah karena mujaer termasuk ikan yang tahan terhadap penyakit serta mudah bertelur. Usaha ternak budidaya ikan mujair memiliki peluang yang cukup bagus dilakukan di kawasan Indonesia khususnya pedesaan.
Mari kita kuak lebih jauh tentang peluang usaha ternak atau budidaya ikan mujair ini. Langkah pertama adalah persiapan ternak ikan mujair. Untuk persiapan maka anda harus membuat kolam dari tembok untuk kolam bertelur dengan ukuran 4 x 6 x 1 m. Untuk mempercepat proses adaptasi ikan maka isilah kolam tadi dengan lumpur dan lumut. Dan masukan indukan ke kolam yang telah kita siapkan. Setelah ikan bertelur dan menjadi anak pindahkan lagi ke kolam khusus benih dengan ukuran 2 x 1 x 0.5 m. Setelah umur 3 mingu maka bisa dipindahkan ke kolam pendederan. Kepadatan benih di kolam pendedran adalah 50 benih tiap meter kubik air.
 Saatnya memasuki masa pemeliharaan dan perawatan ikan mujair setelah sukses menjalani dan menyelsesaikan masa pembenihan serta pendederan. Sebenarnya untuk pendederan dapat dilakukan di sembarang kolam, bisa di sawah, empang ataupun kolam tembok. Untuk kepadatan pemeliharaan setiap 1,5 m bisa berisi 20 ekor ikan mujair.     Makananikan dapat kita taburkan konsentrat 521 atau 534, atau dapat membuat sendiri dari bahan bekatul + ikan asin gilig + jagung belah. Sebagai makanan tambahan (hijauan) dapat berupa daun kangkung dan bayam yang dicacah.
Setelah pemeliharaan ikan mujair selama 4 – 6 bulan, maka ikan siap dipanen. Pemanenan biasanya dilakukan dengan pengeringan kolam dan mengambil ikan dengan jaring yang kuat. Karena ikan mujair mempunyai sirip yang agak tajam, maka berhati-hatilah agar tidak melukai tangan Anda. Setelah selesai, ikan mujair bias dimasak, dijual atau disetorkan ke rumah makan, pasar, restoran dll. 

Sumber : terbaruterkini.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar